Sejarah

Keberadaan Biro Akademik dan Kemahasiswaan tidak dapat dipisahkan dengan berdirinya Universitas Brawijaya pada tahun 1963, dan secara umum mempunyai tugas memberikan layanan administrasi di bidang akademik, kemahasiswaan, perencanaan dan kerjasama. Sesuai struktur organisasi, bidang Akademik bertanggungjawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Akademik (Wakil Rektor I), bidang Kemahasiswaan bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Wakil Rektor III) dan bidang Perencanaan dan Kerjasama bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama (Wakil Rektor IV).

Keberadaan Biro sebelum tahun 2008 sesuai struktur organisasi Universitas Brawijaya terdiri dari tiga (3) biro, yaitu:
1. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
2. Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
3. Biro Administrasi Umum dan Keuangan.

Kemudian setelah diterbitkannya SK Rektor No. 283/SK/2008 Tanggal 19 Nopember 2008, nama-nama Biro berubah dari Biro Administrasi Umum dan Keuangan berubah menjadi Biro Administrasi Umum (BAU), Biro Administrasi Keuangan dan Perencanaan (BAKP) dan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan.

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan, Universitas Brawijaya berubah status menjadi Perguruan Tinggi dengan pengelolaan Badan Layanan Umum sejak dikeluarkannya SK Menteri Keuangan No. 361/KMK.05/2008 Tanggal 17 Desember 2008. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dipisah menjadi Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama dan Biro Kemahasiswaan.

Pada tahun 2021, Universitas Brawijaya (UB) telah ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2021. PP ini ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 18 Oktober 2021. Dengan demikian, UB menjadi perguruan tinggi ke-14 di Indonesia dengan status PTN-BH. Dengan bergantinya Universitas Brawijaya (UB) menjadi PTN-BH, maka nama Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama dan Biro Kemahasiswaan berganti menjadi Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA) sesuai dengan OTK UB Nomor 61 Tahun 2023.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat pelayanan di bidang administrasi dan layanan akademik yang profesional, transparan dan akuntabel untuk mendukung Universitas Brawijaya menuju World Class Entrepreneur University.

Misi

  • Menyelenggarakan administrasi dan layanan akademik sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  • Menyelenggarakan administrasi administrasi dan layanan akademik yang efektif dalam mewujudkan institusi yang transparan dan akuntabel.
  • Mengembangkan kapabilitas dan kompetensi SDM dalam rangka menciptakan profesionalisme di bidang akademik.
  • Memberikan pelayanan prima dalam rangka mendukung terselenggaranya kegiatan operasional perguruan tinggi.